Meski di Guyur Hujan, Festival Maapam di Pasbar Tetap dibanjiri Pengunjung

sumarno, 11 Jan 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN BARAT--Kegiatan Festival 'Maapam' yang diselenggarakan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Pasaman Barat dan organisasi lainnya di perlintasan jalan pertanian Padang Tujuh disambut meriah oleh pengunjung walaupun cuaca kurang mendukung dengan turunnya hujan, Jum'at (04/01/2019).

Bupati Pasbar, Syahiran mengatakan festival Maapam tersebut digagas dengan tujuan untuk melestarikan makanan tradisional ciri khas daerah itu.

"Selanjutnya dengan kegiatan ini dapat kita lihat persatuan sesama OPD dengan masyarakat sekitar dan otomatis akan meningkatkan tali silahturrahmi kita dan juga mempererat kesatuan dan kesatuan antara sesama,"ujar Syahiran.

Selanjutnya Syahiran menambahkan bahwa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pasbar ke-15, sebuah gagasan baru terlaksana yaitu festival Maapam serta kegiatan-kegiatan lainnya. 

"Dengan adanya festival ma apam maka tidak melupakan ciri khas makanan dari leluhur kita. Banyak makanan ciri khas dahulu kala yang terkadang sering terlupakan karena sudah banyak masuk makanan-makanan yang siap saji dan modern yang ada di pasarkan sekarang,"tuturnya.

Makanan apam itu kata dia merupakan salah satu makanan yang tidak pakai bahan pengawet dan zat kimia. Maka aman untuk di konsumsi buat siapa saja karena bahan apam adalah bahan-bahan alami seperti tepung, santan, garam, gula merah itu salah satu bahan alami yang tidak berbahaya.

"Maka dari itu mulai sekarang memulai kembali kita sama-sama mengenal makanan ciri khas daerah kita agar di pelajari kembali dan diturunkan ke pada anak-anak kita penerus bangsa. Karena mengkonsumsi makanan tanpa bahan pengawet dan zat-zat berbahaya salah satu memperpanjang usia dan salah satu pola hidup sehat," tutupnya.

(***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami